Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page


SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu teknik untuk membuat blog kita dapat dengan mudah dicari di search engine. Sebelumnya saya juga pernah memposting artikel tentang Pengertian Dasar SEO. Kali ini saya akan membahas 2 metode SEO yang wajib dilakukan agar Blog kita dapat bersaing dengan blog lain di mesin pencarian, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Apa perbedaanya?
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page, Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page, apa itu seo on page?, apa itu seo off page? seo on page adalah, seo off page adalah, keyword, meta tag, seo friendly,   endolita.blogspot.com

1. SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah metode optimisasi yang dilakukan di bagian dalam situs/ blog kita. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya:

Memilih Template Yang SEO Friendly
Artinya template blog yang digunakan harus mempunyai kualitas yang bagus, antara lain dilihat dari tampilannya yang indah dan menarik, kecepatan loading template yang baik, serta tata letak elemen di dalam template yang nyaman untuk dilihat pengunjung.

Memasang Meta Tag
Kekuatan meta tag sangat berpengaruh dalam mengoptimalkan SEO. Karena membantu robot Google untuk menganalisa konten (isi artikel) blog kita. Sehingga dapat dengan mudah ditelusuri di search engine. Baca juga artikel tentang Pengertian Meta Tag Untuk SEO.

Memasang Keyword di Bagian Title/ Judul Blog
Judul adalah tempat yang sangat tepat untuk memasang keyword. Karena dengan judul saja dapat menggambarkan keseluruhan dari isi blog kita. Sebelum melihat isi artikel, sebagian besar pembaca pasti akan sangat tertarik dengan hanya melihat judul terlebih dahulu.

Menaruh Judul Postingan Di Depan Judul Blog
Maksudnya adalah, coba Anda lihat di tab browser sebelah atas. Apakah judul postingan sudah berada di depan, kemudian disusul dengan nama blog? Begitu pula tampilan dalam query search engine. Biasanya, pada template yang belum di modifikasi, nama blog selalu berada didepan judul postingan. Hasilnya di search engine hal ini dapat berakibat kurang baik, karena dapat memotong judul postingan dibagian belakang. Pengunjung pun jadi tidak bisa membaca judul postingan kita secara keseluruhan, apalagi jika judul postingannya panjang.

Memaksimalkan Keyword Yang Padat Di Dalam Postingan Blog.
Ini bukan berarti kita harus memasang keyword sebanyak-banyaknya, karena hal tersebut malah dapat dianggap spam oleh search engine. Yang perlu kita lakukan adalah dengan mengatur letak posisi keyword serta memilih keyword dan frase yang pas dan tepat.

Mempercepat Waktu Loading Blog
Jika waktu loading blog kita cepat, bukan hanya pengunjung saja yang nyaman, tapi spider crawl google juga senang. Pengunjung nyaman karena mereka tidak perlu berlama-lama untuk segera membaca artikel-artikel kita, apalagi ketika koneksinya sedang lemot. Sedangkan google spider akan cepat mendeteksi crawling artikel kita karena waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi menjadi jauh lebih cepat. Efeknya artikel kita jadi lebih cepat terindex. Hal lain yang perlu dihindari adalah penggunaan javascript (biasanya dipasang di bagian widget) dan pemasangan gambar secara berlebihan.

2. SEO Off Page


SEO Off Page sebuah metode optimisasi yang dilakukan dari luar situs web/ blog. Yang perlu kita lakukan adalah fokus membangun backlink. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web kita). Semakin bermutu link yang mengarah ke web site kita, maka semakin baik pula reputasi web site kita dimata search engine. Melakukan link building dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya dengan membuat reciprocal link baik dengan derektori/social bookmark ataupun bertukar link dengan blog/website lain, mendaftarkan blog dan artikel ke social bookmark/direktori, dan berkomentar di blog/website lain dengan meninggalkan link di form komentator. Tapi berikan komentar yang bermutu dan cerdas yang sesuai dengan konten.

Mungkin itu saja pemahaman saya tentang Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page. Semoga artikelnya bermanfaat. Jika mencari artikel lain yang serupa silahkan cek langsung di bawah ini:

Artikel Terkait

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email