Cara Ampuh Mengatasi Google Sandbox


Setelah sebelumnya membahas tentang Pengertian Google Sandbox, sekarang Saya akan membahas bagaimana cara paling mudah untuk keluar dari penalty Google Sandbox atau yang biasa disebut dengan Sandbox Effect. Kenapa Saya beberapa hari ini memfokuskan membahas mengenai Google Sandbox? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan karena beberapa postingan Saya terkena penalty dari situs terbesar ini.
cara mudah mengatasi google sandbox, cara keluar dari penalty google sandbox, pengertian google sandbox, mengajukan permohonan ke google untuk sandbox  endolita.blogspot.com

Ya memang harus sabar dalam menghadapi ini semua, awalnya sih kaget karena postingan blog yang awalnya bisa tampil pada posisi yang menguntungkan ternyata setelah beberapa hari tiba-tiba menghilang dari peredaran. Ternyata setelah browsing beberapa situs akhirnya ditemukan juga penyebabnya. "My blog is still in Google Sandbox".

Ciri-Ciri Infeksi Google Sandbox:

1. Artikel yang tampil pada posisi strategis pada awal-awal posting tiba-tiba hilang dari pencarian Google. Sebenarnya blog atau website Anda masih terindex oleh mesin pencari google, untuk memastikannya silahkan Anda cek menggunakan perintah site:http://namabloganda.com/ (jika seluruh blog Anda yang terkena sandbox effect) atau langsung menggunakan site:http://namabloganda.com/artikel-yang-terkena-effect-sandbox (jika hanya salah satu artikel blog Anda yang terkena sandbox effect).

2. Cek artikel atau blog Anda menggunakan google sandbox and penalty checker tool yang sudah banyak bisa ditemukan di pencarian Google, seperti yang biasa Saya gunakan salah satu tool dari Search Engine Genie. Jika pada saat pengecekan ternyata menghasilkan tulisan seperti berikut "Your site is still in google Sandbox. Contact support@searchenginegenie.com to get you out of Sandbox" maka kemungkinan besar artikel atau blog Anda terkena sangsi dari Google.

cara mudah mengatasi google sandbox, cara keluar dari penalty google sandbox, pengertian google sandbox, mengajukan permohonan ke google untuk sandbox  endolita.blogspot.com
Jika setelah Anda menekan tombol check kemudian keluar tulisan seperti yang disebutkan diatas, maka ada kemungkinan besar blog atau artikel Anda masuk dalam kurungan pasir Google.


Jika Anda sudah mengetahui blog atau artikel mana yang terkena nah langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi Google Sandbox?

Cara Mengatasi atau Keluar dari Google Sandbox

1. Sebagian orang memutuskan untuk menghentikan optimasi agar bisa terlepas dari jeratan pasir google sandbox, tapi Saya dalam hal ini tetap melakukan optimasi, hanya saja optimasinya benar-benar bukan link farm, harus dari halaman yang mempunyai minimal PR1 syukur-syukur kalau bisa Dofollow. Artinya link yang Kita pasang bisa benar-benar berkualitas dan tidak dianggap sebagai proses spamming oleh mesin pencari.

2. Update artikel seperti biasa secara berkala, pengalaman Saya sih beberapa artikel berhubungan dengan artikel yang terkena sandbox, beberapa artikel lainnya tidak berhubungan dengan artikel yang terkena sandbox.

3. Membuat postingan tentang Google Sandbox dan membuat link ke artikel yang jadi pesakitan. Lihat gaya penulisan di artikel tentang Mengenal Google Sandbox, dimana saya memberikan juga outbound link yg berkualitas dari Wikipedia, Google dan Google Webmaster Guidelines, ini merupakan salah satu tips Kita dalam mendekati Google agar supaya memaafkan tindakan-tindakan Anda yang dicurigainya sebagai Over Spam.

4. Memodifikasi artikel yang terkena sandbox, tidak perlu semua yang penting agak berbeda dari sebelumnya, usahakan membuang beberapa keyword yang menjadi target Anda, sehingga tidak lagi dianggap sebagai upaya spam, dan jangan lupa untuk memberikan link ke google search baik search di Google.co.id maupun google.com.

5. Mencari backlink dari halaman yang mempunyai PR minimal 1. Tips : PR tiap halaman berbeda lho, jangan terpaku dengan PR di sidebar karena itu adalah PR untuk Homepage saja. Baca: Cara Membuat Backlink Di 300 Situs Dengan Page Rank Berkualitas Tinggi

6. Submit ulang sitemap blog untuk menarik perhatian mbah Google. Baca: Cara Submit URL Postingan Ke Google Webmaster Tools

7. Melakukan Reconsideration Request di Google Webmaster.

8. Lakukan Ping blog sewajarnya jangan terlalu sering, melakukan ping blog terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan blog atau website Anda.

9. Terakhir, tunggu hingga keadaan menjadi normal kembali setelah itu bangun kembali Backlink yang lebih berkualitas dan tetap keep calm.

Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Cara Ampuh Mengatasi Google Sandbox
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email