Cara Memasang Rel Canonical Di Blog


Rel Canonincal adalah sebuah CMS Blogger yang fungsinya menyelesaikan duplikat kontent di dalam sebuah blog. Sehingga bisa menghindari terindeksnya halaman artikel dengan isi yang sama. Namun sebagian besar blogger mungkin belum tahu apa itu rel="canonical" dan bagaimana cara memasang rel canonical di blog.

cara memasang rel canonical di blog, cara membuat rel canonical di blog, apa itu rel canonical?, apa fungsi rel canonical?, rel canonical adalah, cara mengatasi duplikat konten di blog, menghindari duplikat konten  endolita.blogspot.com

Kali ini saya akan mencoba membuat rel canonical untuk dipasang di dalam HTML blog. Manfaatnya tentu saja akan membuat template kita lebih SEO Friendly di mata robot index Google.

Cara Memasang Fungsi Rel Canonical Di Blog
  1. Login ke akun Blogger
  2. Pilih Template >> Edit HTML
  3. Copy paste script berikut ini di atas kode </head>
  4. <link rel='canonical' expr:href='data:blog.url'/>
  5. Simpan
Bagaimana Cara Kerja Canonical Link Ini?

Kita ambil contoh misalkan blog anda punya alamat URL berbeda tapi dengan konten yang sama:

http://bloganda.blogspot.com/2015/01/hello-world.html

Nantinya ketika seseorang memberi komentar untuk konten URL diatas, maka blog tersebut akan mendapat URL (baru)misalkan seperti di bawah ini :

http://bloganda.blogspot.com/2015/01/hello-world.html?showComment=1274536664424#c2575887970

Tetapi perlu diketahui bahwa kedua URL baru tersebut mengarah menuju halaman webpage yang sama. Dengan demikian mesin pencari akan melihat bahwa telah ada masalah duplikasi konten dalam hal ini. Kita harus mengatasi masalah ini dengan meletakkan suatu Canonical Link di bagian header kode HTML yang memberitahukan adanya “the preferred version of URL” artinya URL yang disukai versi mesin pencarian

Nantinya akan terbentuk tag link baru di setiap halaman artikel anda dengan format seperti ini

<link rel="canonical" href="http://bloganda.blogspot.com/2015/01/hello-world.html" />

Mesin pencarian (khususnya Google) akan memahami bahwa semua duplikat tersebut mengarah ke canonical URL, sehingga rentan untuk terindeksnya dua artikel dengan konten yang sama di dalam satu blog.

Itulah sekilas pemahaman saya tentang cara membuat rel canonical di blog. Semoga bermanfaat. Jika mencari artikel lain silahkan cek di bawah ini:

Artikel Terkait

Cara Memasang Rel Canonical Di Blog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email